Apa Yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Memilih Pupuk ?

Pupuk merupakan suatu bahan yang memiliki kandungan nutrisi bagi tanaman. Tahukah kamu bahwa setiap pupuk memiliki tujuan dan fungsinya tersendiri?

Terdapat banyak unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, namun pupuk biasanya memiliki kandungan spesifik yang belum tentu cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan dari tanaman. Sebagai petani, kita perlu mengetahui unsur hara apa yang paling krusial untuk tanaman yang kita tanam. Selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah sifat khusus dari pupuk tersebut. Pupuk mempunyai karakteristiknya sendiri dalam memberikan nutrisi pada tanah serta interaksinya dengan pupuk lain. Bila kita tidak memperhatikan hal tersebut, penambahan pupuk bisa jadi tidak efektif karena interaksinya dengan kandungan yang ada pada tanah tersebut. 

Berdasarkan kandungannya sendiri, pupuk yang kita kenal dapat dibagi menjadi organik dan anorganik dimana pupuk anorganik merupakan pupuk yang diperoleh dengan bahan kimia dan pupuk organik dapat diperoleh dari hasil kompos maupun kotoran hewan. Perlu kita ketahui, penggunaan pupuk anorganik yang tidak diimbangi dengan pupuk organik dapat mengurangi nutrisi yang terdapat pada tanah. Oleh karena itu disarankan penggunaan yang seimbang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencampur tanah dengan pupuk kandang terlebih dahulu baru kemudian diberikan pupuk anorganik beberapa hari kemudian.

Pupuk sendiri merupakan bahan tambahan yang dapat menjadi makanan bagi tanaman. Namun harus kita ingat bahwa ini bukanlah satu-satunya hal yang kita perhatikan karena kita juga perlu memperhatikan sistem pengairan, mikroba, dan organisme lainnya untuk menciptakan ekosistem yang seimbang.

1 thought on “Apa Yang Perlu Kita Perhatikan Dalam Memilih Pupuk ?”

Leave a Comment

Your email address will not be published.